Minggu, 21 Oktober 2012

Tulisan 1



Tulisan 1
KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR
    Kepribadian bangsa timur adalah sikap yang dimiliki oleh suatu negara untuk menentukan penyesuaian dirinya terhadap lingkungan. Manusia tidak dapat berdiri sendiri dan manusia juga membutuhkan manusia lainnya untuk dapat bertahan hidup.Rasa kebersamaan yang kuat bisa disebut juga sebagai kepribadian bangsa.
Kepribadian bangsa timur sangat berbeda dengan kepribadian bangsa barat, dari wilayahnya pun sangat berbeda, lingkungan, dan gaya hidupnya. terutama dalam kepribadian setiap bangsa seperti bangsa barat dan timur dari kepribadian,kebudayaan dan kebiasaan berbeda. Bangsa timur adalah bangsa yang dikenal sangat baik dan ramah. mempunyai sifat toleransi yang tinggi dan saling tolong menolong.
    Sesuatu yang terdapat di dalam masyarakat ditentukan oleh adanya kebudayaan yang dimiliki masyarakat itu sendiri. Di Indonesia banyak kebudayaan dan kepribadian yang ada, karena seperti yang kita ketahui, bahwa Indonesia memiliki banyak suku sehingga dengan pasti kebudayaannya pun berbeda. Pada dasarnya masyarakat daerah timur contohnya Indonesia, terbuka dan toleran terhadap bangsa lain, tetapi selama masih sesuai dengan norma, etika serta adat istiadat yang ada di Indonesia.
     Bangsa timur sangat identik dengan benua asia yang penduduknya sebagian besar berambut hitam, berkulit sawo matang dan adapula yang berkulit putih, cara berpakaian orang timur lebih sopan dan tertutup mungkin karena orang timur kebanyakan memeluk agama islam dan menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku.       Namun di zaman sekarang ini, banyak orang-orang timur meniru/mengikuti kebiasaan orang barat. Kebiasaan orang barat yang sangat bertentangan dengan kebiasaan orang timur dapat memengaruhi kejiwaan orang timur itu sendiri.
 Setelah membahas pengertian dari kepribadian bangsa timur saya akan membandingkan kepribadian bangsa Indonesia dengan bangsa Korea
  • Karakter Bangsa Korea Selatan
  Rangkuman karakter orang Korea Selatan ini merupakan oleh-oleh dari acara Multicultural Integration Workshop.
Karakteristik orang Korea Selatan
1. rajin, pekerja keras
2. rasa nasionalime yang tinggi
3. “pali-pali”, semuanya ingin serba cepat
4. cepat beradaptasi terhadap perubahan lingkungan/keadaan
5. berorientasi pada hubungan antar individu (affection)
6. bersikap eksklusif terhadap kebudayaan dari luar
Latar belakang karakter orang Korea Selatan
1. dikelilingi oleh negara-negara besar, China, Rusia dan Jepang
2. sasaran ekpansi dari negara-negara tersebut
3. pernah dijajah oleh China dan Jepang
4. perang dan ketegangan yang terus berlangsung dengan Korea Utara
5. 70% wilayahnya bergunung-gunung, tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi penduduk selama musim dingin
6. kebutuhan terus-menerus akan respon yang cepat dan kemampuan beradaptasi agar mampu bertahan (survive)
 
  • Etika Konfusianisme
1. nilai kemanusiaan berdasar pada jaringan atau hubungan dalam  keluarga
2. negara merupakan bentuk besar dari jaringan atau hubungan keluarga
3. kepentingan umum/komunitas lebih utama daripada kepentingan pribadi
4. sayang dan hormat kepada orang tua
5. pendidikan adalah satu-satuya cara untuk menaikkan status sosial dan memperoleh kesejahteraan
 
    Sebelumnya Korea menganut semacam sistem kasta. Hanya orang-orang tertentu dari kasta tertinggi yang bisa menduduki/mengisi posisi dalam pemerintahan. Tetapi ketika dijajah Jepang sistem Kasta tersebut dhapus. Buku-buku yang memuat silsilah kasta dimusnahkan oleh Jepang. Untuk bisa mengisi posisi dalam pemerintahan maka setiap orang harus lulus ujian. Sejak saat itu semua orang Korea berlomba-lomba dalam mendidik anak-anaknya agar bisa menaikkan status sosial mereka.
 
  • Kepribadian Bangsa Indonesia
   Indonesia sebagai negara berkepribadian bangsa timur, dan berikut adalah beberapa faktor yang bisa menerangkan lebih terperinci tentang Indonesia dalan kepribadfian bangsa timur.
a.) Bangsa Timur yang ramah dengan warga negara asing.
   Ini adalah faktor pertama mengapa Indonesia yang selalu bercermin pada bangsa timur. Bangsa timur yang memiliki sifat ramah kepada sesama dan ramah terhadap warga asing membuat Indonesia digemari dan dipilih sebagai tempat berwisata bagi warga negara asing. Itu juga alasan mengapa orang luar tidak takut atau tidak canggung berbincang-bincang kepada warga negara kita.
 
b.) Bangsa Timur yang peduli kepada sesama.
   Ini merupakan faktor kedua yang membuat Indonesia memiliki sifat seperti bangsa Timur. Peduli terhadap sesama adalah hal yang selalu ditanamkan pada setiap diri, khususnya ditanamkan kepada bangsa timur. Karena membantu sesama adalah sebuah keharusan, maka sebagai bangsa timur mereka tidak membanding-bandingkan dalam memberikan simpati, bahkan dengan warga asing yang tidak kita kenal sebelumnya. Ini berbanding terbalik dengan kepribadian bangsa barat yang cenderung bermain egois dalam bermasyarakat, dan bersifat individualis.
 
c.) Budaya timur yang menomor satukan sopan santun.
   Dan ini merupakan faktor ketiga mengapa Indonesia identik dengan bangsa Timur. Bangsa timur yang memiliki sifat sopan santun membuat Indonesia cenderung sopan terhadap siapa saja bahkan kepada warga asing sekalipun ini adalah nilai plus bagi Indonesia. Jika dibandingkan dengan negara barat yang kurang akan tata cara sopan santun.

http://lippocikarang.wordpress.com/2010/07/10/karakter-orang-korea-selatan/
http://sarahshabrina.blogspot.com/2012/03/indonesia-dalam-kepribadian-bangsa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar